Pages

Jumat, 17 Agustus 2012

, ,

Manfaat Sebutir Telur


Telur memang makanan yang tak akan terpisahkan bagi kehidupan semua orang. Terkecuali bagi orang yang alergi terhadap makanan ini. Telur selain mudah cara memasaknya ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh dan cangkang telurnya juga bisa dimanfaatkan. Bagi kalian para pembaca yang belum mengetahui kegunaan atau manfaat telur, berikut ini ada beberapa manfaat telur. Yuk simak :)

Telur tidak meningkatkan kolesterol
Memang benar telur mengandung kolesterol tinggi, tetapi mereka terkategori kolesterol “baik” dan tidak akan meningkatkan kadar kolesterol. Mengonsumsi dua butir telur setiap hari mungkin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Telur baik untuk jantung dan otak
Kuning telur mengandung nutrisi kolin sangat tinggi. Dua butir telur berarti menyediakan sekitar setengah dari pasokan kolin yang dianjurkan. Diperkirakan bahwa 90 persen orang Amerika kekurangan kolin.

Telur membantu menurunkan berat badan
Sebuah uji coba dilakukan terhadap 160 orang yang kelebihan berat badan atau obesitas. Mereka dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok tidak mengonsumsi telur tapi roti bagel untuk sarapan, dan kelompok lainnya mengonsumsi dua butir telur. Kedua kelompok memiliki kandungan kalori yang sama. Kelompok yang sarapan dengan telur dapat menurunkan berat badan hampir dua kali lipat jumlah penurunan berat badan kelompok yang tidak mengonsumsi telur.

Telur membantu mencegah katarak
Telur merupakan sumber lutein dan zeaxanthin (karotenoid-pigmen alami- yang terdapat pada mata) yang sangat baik. Karotenoid ini sangat penting untuk mencegah degenerasi macular (penurunan ketajaman mata) dan katarak.

Mengurangi bengkak di bawah mata
Untuk mengurangi bengkak di bawah mata, lakukan cara seperti berikut : Oleskan lapisan tipis di bawah mata dan biarkan selama 10 – 15 menit. Setelah itu bilaslah.

Membuat kulit lebih kencang
Masker telur putih dapat menutup pori-pori wajah. Gunakan putih telur pada wajah basah yang bersih, diamkan selama 10 menit ( untuk kulit sensitif dan kering) dan 20 menit ( untuk kulit normal dan berminyak ).

Anti Keriput
Masker kuning telur sangat ideal untuk mereka yang memiliki kulit sensitif dan kering. Sebab kuning telur kaya akan vitamin A yang efektif digunakan untuk antikeriput.

Mengurangi peradangan kulit
Masker telur juga ideal untuk kulit yang teritasi karena mengandung asam amino yang membantu memelihara sel-sel kulit dengan mengurangi peradangan.

Menyegarkan rambut kering dan rusak
Paparan sinar matahari yang berlebihan, polusi dan klorin dari kolam renang dapat membuat rusak rambut kita. Untuk menyegarkan kembali rambut kering dan rusak, campurkan 1 butir kuning telur, 1 sendok makan minyak zaitun, dan 1 cangkir air. Gunakan untuk merendam rambut dari akar ke ujung dan diamkan selama 5 menit. Kemudian bilas dengan air dingin. Kuning telur kaya akan asam lemak yang bila dipakai pada kulit kering akan membuatnya mengkilap hingga seminggu. Ramuan ini juga membentengi rambut dengan vitamin A, E, dan D, untuk memerangi kerusakan selanjutnya.

Membuat pie tidak retak
Saat membuat pie,jika diisi dengan buah-buahan biasanya kulitnya akan retak. Untuk mendapatkan kulit sempurna, gunakan kuas pastry, oleskan 1 putih telur pada bagian bawah kulit. Biarkan selama 2 menit sebelum menambahkan pengisian, lalu panggang seperti biasa. Putih telur mengandung albumin, suatu senyawa protein yang membentuk penghalang tahan air yang mencegah air dari buah yang diisikan menembus kulit pie.

Cepat memberi rasa kenyang
Makan telur saat sarapan membantu Anda menurunkan berat badan secara signifikan dengan memotong asupan kalori harian. Makanan kaya protein membuat telur lebih lama dicerna di perut. Peneliti di Pusat Obesitas Rochester Amerika Serikat menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi dua telur rebus untuk sarapan pergi, makan 400 kalori lebih sedikit selama sisa hari dibandingkan sarapan roti.

Mengencerkan otak
Dua telur dengan kandungan 550 miligram kolin setiap hari selama kehamilan akan membantu perkembangan otak janin dan menghasilkan ingatan tajam pada anak. Kolin juga penting untuk memori. Sumber kolin lain termasuk kacang kedelai, ayam dan salmon.

Mengurangi risiko kebutaan karena usia
Lutein yang ada di telur membantu meningkatkan kesehatan mata dan mengurangi risiko kebutaan yang berkaitan dengan usia.

Mengandung asam lemak omega 3
Lemak ini sangat penting untuk pengembangan mata dan pendengaran pada anak-anak dan fungsi otak sepanjang hidup. Asam esensial juga membantu menjaga sirkulasi dan menurunkan risiko penyakit jantung. Telur dengan omega 3 juga memiliki lebih sedikit lemak jenuh.

Kaya Protein
Sebutir telur memiliki 8 gram protein, nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan membentuk otot yang kuat. Wanita membutuhkan 45 gram protein sehari dan pria membutuhkan 55 gram atau sekitar 2-3 butir.

Menyuburkan Tanaman
Untuk menjaga tanaman di luar dan di dalam rumah tetap sehat, hancurkan sisa kulit telur dan taburkan di atas tanah. Kulit telur mengandung kalsium, mineral yang digunakan tanaman untuk membangun dinding sel dan membran baru yang diperlukan untuk pertumbuhan. Tumbukan kulit telur yang diusapkan pada daun tanaman juga membuatnya kuat dan berkilau.

Mencerahkan barang dari kulit
Untuk mengembalikan warna barang yang terbuat dari kulit dan tidak terlihat usang lagi, pisahkan 2 butir putih telur ke dalam mangkuk. Gunakan kain kering untuk mengusapkan putih telur ke bahan kulit dengan gerakan melingkar. Protein dalam putih telur dapat melembabkan bahan agar terlihat baru dan bersinar.

Pengontrol Hama Bebas Racun
Tebarkan pecahan cangkang telur disekitar bunga dan tanaman untuk mencegah Keong pemakan tumbuhan, siput dan cacing dengan bahan yang ramah lingkungan. Rusa, kambing dan sejenisnya juga membenci bau kulit telur, jadi tebarkan pecahan cangkang telur disekitar petak bunga anda untuk menjaganya dari para “pemangsa”

Mengurangi Rasa Pahit dalam Kopi
Tambahkan kulit telur dalam saringan kopi anda, dan anda dapat menikmati pagi anda dengan kopi yang berkurang rasa pahitnya.

Tempat Pembibitan yang baik
Isi belahan cangkang telur dengan tanah daripada menggunakan pot tanah gambut untuk pembibitan awal. Penggunaan cangkang telur untuk untuk pembibitan tomat, adalah yang terbaik sebelum bibit ini siap untuk dipindahkan ke kebun pada musim tanam. 

Membersihkan Kerak Pada Alat Rumah tangga
Campurkan pecahan cangkang telur dengan sedikit air sabun dan gunakan untuk membersihkan benda - benda seperti termos atau vas. Hal ini juga dapat dilakukan untuk membersihkan kerak beracun pada panci dan wajan.

Sebagai Pembersih Saluran Alami
Taruh beberapa pecahan kulit telur pada sarinyan bak cuci dapur anda. Mereka akan mesemakin terpecah pada saat mereka ikut mengalir dan serpihan - serpihanny akan membantu membersihkan saluran drainase anda.

Sebagai media pengobatan
Membran super tipis didalam cangkang telah lama digunakan sebagai obat rumah untuk beberapa penyakit. dari penyembuh luka hingga pengobatan terhadap kuku yang tunbuh kedalam.

Perawatan Terhadap Kulit Iritasi
Larutkan cangkang telur dengan cuka apel (sekitar 2 hari), dan gunakan campuran ini untuk obat iritasi ringan pada kulit dan gatal.

Dan satu lagi manfaat telur, yaitu dapat memperbaiki kualitas sperma, untuk lebih jelasnya silahkan dibaca  disini

Itu dia beberapa manfaat telur, semoga bermanfaat ya :)

0 komentar:

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "