Pages

Jumat, 17 Agustus 2012

, ,

Tips Menyimpan Telur


Bersihkan kulit telur dari kotoran yang masih menempel
Bila kita membeli telur, seringkali masih banyak kotoran yang menempel di kulitnya. Hati-hati kulit telur yang kotor dapat menjadi sarang bagi bakteri Salmonella. Oleh karenanya, biasakan untuk mencuci telur sebelum menyimpannya di lemari es. Semakin lama disimpan, umumnya putih telur aan semakin encer, yang bila dipecahkan dan diletakkan di piring kelihatan melebar.
Setelah Anda mencuci telur, keringkan dan simpan di dalam lemari es. Sebaiknya, jangan terlalu lama menyimpannya, karena telur mengeluarkan H2O dan CO2, sehingga semakin lama penyimpanan telur akan menjadi semakin ringan, selain itu terbentuk ruang udara ang semakin besardi dalam cangkang dan akhirnya teur menjadi semakin encer.

Simpan telur dengan ujung yang tumpul menghadap keatas
Banyak pendapat soal menyimpan telur, ada yang bilang bahwa bagian yang lancip di bawah, sebagian lagi berpendapat yang bulat yang di bawah.
Cara menyimpan telur yang dianjurkan adalah dengan meletakkan ujung tumpul menghadap ke atas. Posisi ini akan menstabilkan posisi kuning telur. Jika kita menginginkan telur mata sapi dengan kuning telur di tengah maka simpan secara horizontal, tetapi bila kita menginginkan telur mata sapi yang agak ‘melirik’ simpan dengan tegak lurus. Pada dasarnya uning telur akan cenderung bergerak ke atas (semula di tengah) pada saat penyimpanan.

Namun apabila lemari es dirumah anda sedang rusak, jangan khawatir. Ada tips bagaimana cara menyimpan telur ketika tidak ada lemari es yaitu telur dicuci hingga bersih. Kemudian direndam dalam larutan air kapur sirih selama kurang lebih lima jam. Kemudian anggkat telur dan ditiriskan hingga kering (gunakan lap bila diperlukan). Simpan telur dalam wadah kering yang telah disiapkan. Dengan cara ini, telur dapat bertahan hingga satu bulan.

0 komentar:

Poskan Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "