Pages

Senin, 23 April 2012

, ,

Ciri - ciri Makanan Sehat

Untuk membantu anda dalam memilih makanan, berikut ini ciri - ciri makanan sehat yang perlu anda perhatikan agar kegiatan makan anda bukan sekedar menghilangkan rasa lapar saja

1.      Lemak Hewani secukupnya = = > makanan yang anda konsumsi sebaiknya mengandung lemak hewani secukupnya saja. Artinya, porsi lauk pada saat anda makan tidak perlu banyak seperti pada saat makan steak dimana porsi lebih banyak daripada sayuran dan nasi.

2.      Non MSG dan sedikit garam = = > makanan yang mengandung MSG memang terasa lebih gurih dan lezat. Namun mengkonsumsi makanan dengan kandungan MSG memiliki resiko yang kurang bagus untuk kesehatan. Maka dari itu sebaiknya anda membatasi mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG. Cermati juga makanan yang mengandung Sodium atau Natrium karena memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan terutama penderita hipertensi.

3.      Mengandung serat yang cukup = = > gado – gado, urap, rujak, dan sayur yang dikukus merupakan jenis makanan yang bisa anda masukkan dalam menu makanan sehari – hari dikarenakan dapat memenuhi kebutuhan serat anda. Makanan yang berserat dapat memperlancar proses pencernaan anda. Dan apabila anda rajin mengkonsumsi makanan ini anda akan cenderung langsing.

4.      Sedikit bahan pengawet = = > makanan kemasan buatan pabrik umumnya mengandung bahan pengawet.  Bahan pengawet memiliki dampak yang buruk untuk kesehatan. Oleh sebab itu sebaiknya anda membatasi makanan yang mengandung bahan pengawet. Lebih baik mengkonsumsi makanan yang habis dimasak daripada mengkonsumsi makanan yang cepat saji dan awet karena ada zat kimia tertentu. Zat kimia tersebut dapat menimbulkan banyak penyakit, kanker adalah salah satunya.

5.      Sedikit minyak goreng == >  minyak goreng membuat makanan menjadi berlemak, sedangkan anda mungkin sudah  memperoleh cukup lemak dari jenis makanan lain. Menggoreng dengan minyak goreng atau minyak jelantah yang sudah pernah dipakai juga membuat kandungan lemak trans dan radikal bebas dalam makanan meningkat. Oleh karena itu mulailah dengan membiasakan mengkonsumsi makanan yang dikukus atau direbus karena akan jauh lebih baik bagi kesehatan anda.

6.      Tidak terlalu banyak menggunakan santan == > makanan bersantan mengandung kolesterol tinggi. Berhati – hatilah dalam menyantap makanan bersantan karena kandungan kolesterol jahat dalam tubuh akan meningkat. Dampak dari makanan bersantan ini misalnya penyempitan dan pengerasan pembuluh darah dan berbagai penyakit jantung.

7.      Hindari makanan yang terlalu pedas == >  makanan yang terlalu pedas dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan atau mungkin menyebabkan sakit perut atau sakit maag. Boleh saja menyantap makanan yang pedas tetapi jangan terlalu pedas. Selain itu penampilan anda akan menjadi berantakan karena produksi keringat yang berlebihan akibat makanan yang terlalu pedas tersebut.

8.      Kematangan yang cukup == >  makanan setengah matang seperti ikan bakar, sate dan acar juga perlu diperhatikan, terutama bagi ibu hamil karena sama hal nya dengan makanan makanan mentah, bakteri atau virus dalam makanan setengah matang mungki saja belum mati.
Itulah beberapa ciri makanan sehat, semoga bermanfaat ... ^_^

0 komentar:

Poskan Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "